image4

Articles,From Us

Kafe Kopi Manyar

24 Dec , 2015  

Kopi Manyar merupakan sebuah kafe kecil yang didesain oleh arsitek sekaligus sebagai pemilik, yaitu Isandra Matin dan istrinya, Audite Matin; dibantu oleh Fandy Gunawan dan Angie Miranti. Kopi Manyar ini terletak di Jl. Bintaro Tengah no. 14, Jakarta Selatan, dan dibuka untuk umum pada tanggal 3 November 2015. Mulai beroperasinya Kopi Manyar juga sekaligus untuk mempromosikan buku baru karya Andra Matin berjudul Obrigado!. Buku ini menceritakan pengalaman yang didapat Andra Matin ketika melakukan perjalanan bersama karyawan AMA (Andramatin Architect) di Portugal beberapa waktu yang lalu. Buku ini diluncurkan pada tanggal 17 November bersamaan dengan tanggal ulang tahun perusahaannya yang ke-17.

image4

Muka kafe ini memanfaatkan material kaca untuk memberikan kontinuitas visual serta untuk pencahyaan alami, yang kemudian ditutupi dengan jalusi kayu untuk menjaga privasi ruang dalam. Kafe ini tidak memiliki plang nama di depannya, namun tetap ramai didatangi orang-orang. Publikasinya dilakukan dari mulut ke mulut dan melalui media sosial. Di depan kafe terdapat tempat parkir dengan kapasitas 4 sampai 5 mobil, sesuai dengan kapasitas kafe yang tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil. Harga makanan dan minuman berkisar antara 20-45 ribu.

image1

Pintu masuk terletak di sebelah kiri kafe, berupa suatu void di antara jalusi dengan dinding. Void itu membentuk lorong yang mengarah ke sebelah kanan kafe, dan di penghujung lorong akan ditemukan dua pintu: satu pintu masuk pengunjung menuju ke ruang duduk dan satu pintu masuk servis.

image3

Pada setiap pembagian ruang memiliki element of surprise seperti adanya dinding sekat, perbedaan level, dan rotating door. Kafe memiliki dua level. Level pertama merupakan area duduk, sedangkan level dua untuk servis. Di level pertama, terdapat sebuah taman di tengah kafe yang terdiri dari sebuah pohon peneduh yang rimbun, dikelilingi dengan batu kerikil sebagai penutup tanahnya. Taman ini berperan sebagai elemen estetik dalam bangunan dan untuk memasukkan cahaya alami serta ventilasi udara. Selain itu pada taman ini juga disediakan bangku untuk pengunjung. Pada level yang sama juga terdapat ruang pamer yang selama pembukaan kafe digunakan untuk memamerkan maket karya AMA, foto-foto dalam buku Obrigado!, dan instalasi lampu. Terdapat juga ruang meeting yang menggunakan rotating door.

image2

Di level satu pada area duduk yang dekat dengan taman terdapat simpul sirkulasi, dimana terdapat tangga menuju level bawahnya berupa ruang duduk yang memiliki kesan lebih privat, dan tangga kantilever menuju ke area servis di level dua. Interior kafe didominasi dengan warna putih yg memberikan kesan clean dan furnitur dari kayu. Untuk penerangan dalam ruangan memakai lampu kuning memberikan kesan hangat.

image5

Kafe Kopi Manyar secara arsitektur memberikan suasana yang cozy. Ruangannya meskipun sempit namun efisien. Umumnya ruangan yang luas dapat membuat pengunjung merasa sungkan untuk ngobrol terlalu keras, sehingga ruangan kafe yang kecil ini dapat memberi kesan suasana yang ramai dan menjadi tempat yang nyaman untuk ngobrol.

 

Text| ES & EH

,


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *