100-6236

Review

Event Review: 100 Part I (20/100)

17 Oct , 2015  

Acara ‘100’ merupakan acara pertama dari Divisi Akademik dan Keprofesian. Acara ini diadakan dalam rangka meningkatkan minat mahasiswa arsitektur agar lebih aktif bersayembara seperti angkatan-angkatan sebelumnya. Acara 100 dibagi menjadi empat tahap sesuai tahapan pada sayembara, dan ketiga materi dibawakan pada tiga hari yang berbeda, oleh pembicara yang berbeda-beda pula. Untuk tahap pertama, diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 18 September 2015, di gedung 5, ruang 5020. Tahap pertama adalah mengenai preparation dan brainstorming untuk sayembara. Acara ini bersifat free entry, berbentuk sharing pengalaman dari pembicara yaitu Maria Vanessa Nephil, alumni arsitektur Unpar angkatan 2011. Acara dimulai pada pukul 18.30, dibuka oleh MC dan perkenalan oleh Nephil.

Nephil memulai materi dengan menceritakan motivasinya menghadapi studio dan sayembara. Selama berkuliah, ia menuntut dirinya untuk lebih produktif, memanfaatkan waktu seefektif mungkin, sehingga jadilah Nephil yang sekarang, mantan mahasiswa yang sukses memenangkan berbagai sayembara nasional bahkan internasional, mendapatkan nilai yang memuaskan untuk studio, dan kini menyandang profesi sebagai arsitek.

100-6179

Lalu Nephil mulai memberikan tips kepada peserta, seperti perihal mengatur jadwal, hingga website-website yang membantu dalam proses belajar arsitektur dan proses perancangan. Nephil mengaku lebih banyak belajar dan lebih banyak tahu mengenai arsitektur daripada mereka yang tidak mengikuti sayembara. Hasil rancangan untuk sayembara pun sekaligus menambah pilihan portofolio. Selama 4 tahun berkuliah, ia memiliki total 41 desain. 14 desain dari studio, dan 27 desain dari sayembara. Portofolio itu menjadi modalnya selepas dari perkuliahan.

Proses persiapan sayembara menurut Nephil adalah melihat TOR dan persyaratan di poster sayembara, lalu juga memilih team. Bagi Nephil, memilih team yang benar adalah bukan karena ia jago dalam hal tertentu, namun Nephil memperlakukan teamnya sebagai sesama arsitek, dimana dari awal hingga akhir proses desain semuanya turut berpartisipasi.

Proses persiapan kemudian dilanjutkan dengan proses brainstorming. Brainstorming adalah proses mencari ide. Dalam hal sayembara, proses ini mencakup komunikasi terus-menerus antara anggota team –termasuk kritik dan perbedaan pendapat– untuk mencapai ide desain, hingga ide tersebut dikemas menjadi desain.

Acara 100 tahap pertama, preparation dan brainstorming ini selesai sekitar pukul 20.30. Peserta yang hadir merasa terkesan dengan acara ini, selain merasa termotivasi juga bisa belajar dari pengalaman Nephil dalam mempersiapkan sayembara. Nantikan acara 100 tahap kedua mengenai design dan paneling!

100-6413

 

Text | ES
Photo by Vania Sheila


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *