dok./Happy Lim

Articles,Review

DMHQ, Alternatif Desain Kantor

5 Nov , 2016  

DMHQ Office atau dwamitra headqurter adalah bangunan perkantoran yang terletak di Jakarta Selatan, pada sebuah kawasan padat berisi hunian mewah dan perkantoran kecil. Gedung yang selesai dibangun pada 2010 lalu ini dibangun untuk mengakomodasi kebutuhan sebuah perusahaan keluarga. Gedung yang didirikan di atas lahan seluas 540 meter persegi ini didesain seolah-olah tampak seperti lima buah bangunan kecil yang dikelilingi oleh pepohonan dan semak yang rimbun.

Building Information

Architects                                          : Aboday Architects
Location                                            : Jakarta, Indonesia
Team Member                                 : Rafael David,  Johansen Yap,    Armeyn Ilyas, Wahid Annasir
Site Area                                            : 542 sqm
Building Coverage                           : 275 sqm
Built Up Area                                    : 566 sqm
Project Year                                      : 2010

 

Dilansir dari laman dinilifarchitect.com menyebutkan bahwa pada proses awal perancangan DMHQ Office ini memiliki desain yang tidak identik dengan perkantoran pada umumnya yang memiliki kesan kaku dan formal yang melekat pada bangunan. Perancang juga menginginkan bangunan dapat menjadi wadah aktivitas non individual bagi penggunanya namun salah satu kendala adalah bangunan yang akan dirancang terbentur oleh permasalahan keterbatasan lahan yang tersedia.

 

dok./Happy Lim

dok./Happy Lim

Konsep design

Konsep dari bangunan ini adalah penggabungan antara bentuk dan dimensi. Terlihat dari bagian luar terdapat beberapa bidang dinding berpori berwarna coklat dari Papan GRC yang menghilangkan kesan masiv dari bangunan ini. Sentuhan warna – warna coklat putih yang mendominasi menguatkan kesan natural serta kaca yang memberi kesan minimalis dan humble. Kolom kolom yang menyokong bangunan utama juga yang, didesain dengan bentuk melingkar yang tentunya berbeda dengan bentuk dari kolom pada umumnya  yang terkesan kaku. Dari desain tersebutlah sanalah tema bangunan yang dinamis makin terasa kuat.

 

 

dok./Happy Lim

dok./Happy Lim

Interior   

Tak hanya dari sisi eksterior, pada bagian interior juga konsep dinamis dan minimalis ditonjolkan. karena fungsinya sebagai perkantoran gedung ini memiliki ruang kerja, lobby, ruang pertemuan dan fasilitas umum lainnya yang didesain eksentrik sesuai dengan konsep bagunan. Flow dari gedung ini unik karena didesain menanjak, menurun dan penataan dari ruang yang menyerupai seperti labirin dengan jalur – jalur terhubung. Hal lain yang menjadi keunikan adalah letak ruang pertemuan dibawah tanah dan hanya mempunyai akses masuk melalui pintu disamping pintu masuk utama bangunan. Bagian dalam diberi finishing dengan sentuhan modern berupa marmer putih, kaca, batu, lingkaran.

 

 

stringio14

dok./Archdaily

dok./Archdaily

dok./Archdaily

Denah

Dari denah dapat dilihat bahwa bangungan memiliki axis yang kuat pada area sirkulasi di bagian tengah bangunan dengan bentukan memanjang, komposisi bentuk dan dimensi ruang yang beragam pada bangunan menjadi suatu hal yang unik dan menyebabkan bangunan ini menjadi asimetris, . Bangunan dikelilingi oleh existing berupa pepohonan yang membuat kesan green dan natural melekat pada bangunan. Pepohonan juga membuat kondisi sejuk bagi pengguna dan cocok bagi tipikal bangunan yang berada di jakarta dengan kondisi temperatur kota yang terbilang panas atau tinggi.

 

 

dok./Archdaily

dok./Archdaily

Potongan

Sementara dilihat dari potongan kesan dinamis berusaha ditonjolkan pada  bangunan lewat perbedaan level pada ruang dan juga flow atau sirkulasi aktivitas bagi pengguna. Bentuk dari office ini juga didapat melalui berbagai transformasi bentuk bentuk geometris

 

 

Penutup

Pada kesimpulannya DMHQ office merupakan office yang walaupun dirangcang diatas lahan terbatas bangunan ini mampu menghilangkan kesan sempit dan membosankan dengan bentukannya yang minimalis dan dinamis, tidak seperti keadaaan kantor pada umunya di jakarta. Banyaknya tempat yang mewadahi aktivitas sosial penggunanya menjadi nilai plus tersendiri bagi bangunan ini. Dari sanalah DMHQ office dapat dikategorikan sebagai good building karena memiliki kesesuaian antara desain dengan tema dan konsep perancangannya dan yang terpenting mampu mengakomodir kebutuhan penggunanya secara optimal sebagai gedung perkantoran.

SONY DSC

dok./Happy Lim

SONY DSC

dok./Happy Lim

SONY DSC

SONY DSC

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABI ISMOYO

, , , ,


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *